17 November 2007

Menyembunyikan User Account pada Layar Awal Windows XP

Menyembunyikan User Account

Pada Layar Awal Windows XP


Pada tampilan awal layar XP, ada user account yang akan ditampilkan, tinggal kita pilih mana yang akan kita gunakan.

Di sini misalkan saja kita ingin membuat user account sebagai administrator tapi tidak ditampilkan pada layar awal XP. Kita hanya perlu mengedit beberapa bagian pada “Registry Editor”. Biasanya, permasalahan ini timbul misalkan, banyak teman kita yang memakai komputer kita dan tanya password user yang telah kita buat, dan mungkin kita tidak enak kalau tidak dikasih tahu. Biasalah…..sayang ama teman!

Yang ditakutkan adalah teman kita tanpa sengaja membawa virus ataupun sengaja merubah beberapa system yang penting pada user administrator kita. Ini bukan berfikir negatif atau suudzon pada teman sendiri lho…cuma waspada agar waktu kita mau mengerjakan tugas, kita tidak ditambahi masalah dengan computer yang trouble. Boleh aja kan?


Misalkan komputer saya tampilan awalnya sebagai berikut :


Hehehe…..laptopku ini belum lunas tuh…!!

Do’ain cepet lunas yach…!!!

Nah, disini kita akan mencoba membuat agar beberapa user account yang telah kita buat, bisa untuk tidak ditampilkan pada layar awal windows XP. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Klik program dan klik run sehingga muncul seperti screen shot dibawah ini. Tuliskan ‘regedit’. Ini bertujuan untuk memanggil window “registry editor”.


  1. Setelah itu klik OK. Maka akan muncul window “registri editor” seperti dibawah ini.

  1. Setelah selesai, masuk ke dalam path ini :


HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows
NT\CurrentVersion\Winlogon\SpecialAccounts\UserList


  1. Maka akan terbuka seperti gambar di bawah ini :


  1. Di bawah list tersebut buat sebuah nilai DWORD dengan nama yang sama dengan user account pada layar awal XP. Dan beri nilai (dengan format decimal) 0 untuk menyembunyikan user accouts dan nilai 1 untuk menampilkan pada layar awal XP.



Pada contoh diatas, saya ingin user account pada komputer saya yang bernama ‘Agust’ tidak ditampilkan pada layar awal. Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini!



Selamat mencoba!!!!Semoga bermanfaat!!!

Keep Smile!

No comments: